Pengertian Dari Alat Input, Output, Prosses

Pengertian Alat Input, Output, Prosses

A.Alat Input

Keyboard
Papan ketik (Keyboard, Kibor) adalah peralatan mengetik yang di gunaka untuk menginput (memasukan) teks dan juga untuk mengontrol pengoperasian computer.
Keyboard terdiri dari tombol-tombol berbentuk kotak yang di susun padanya. Tombol-tombol tersebut mempunyai huruf atau symbol yang tercetak di atasnya yang menunjukan huruf atau symbol yang akan di tampilkannya di monitor bila ditekan. Selain itu bila kita menggabungkan dua tombol dengan menekanya bersamaan kita kadang akan mendapat fungsi atau imput khusus.
Ada berbagai jenis tata letak tombol-tombol pada keyboard, namun yang paling popular digunakan adalah tata letak QWERTY, yang sebenarnya merupakan tata letak mesin ketik yang paling popular.
Keybord tipe baru biasanya mempunyai tombol-tombol tambahan pada bagian atasnya (di atas tombol F1, F2 dll) untuk mempermudah pengguna dalam mengakses isi computer. Selain itu, keyaboard banyak juga yang nirkabel.

Mouse
Mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukan data ke dalam computer selain keyboard. Mouse berbentuk seperti seekor tikus yang menjadi asal nama Bahasa inggrisnya (Mouse)
Mouse pertama kali di ciptakan pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart dengan 1 tombol dan terbuat dari kayu. Kemudia model kedua sudah di lengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan mouse yang dapat mengetahui posisi x-y pada layer computer, mouse ini dikenal dengan nama “X-Y Position indicator”.
Bentuk mouse yang umum adalah dua tombol – masing-masingdi kiri dan kanan yang bisa “diklik”. Meskipun begitu, computer-komputer macintosh umumnya menggunakan mouse satu tombol.
Mouse bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang me-nyentuh sebuah permukaan yang keras dan rata. Mouse yang lebih baru biasanya tidak memiliki bola; menggunakan sinar optic untuk mendeteksi gerakan pemakai, selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik itu yang berbasis radio, inframerah maupun Bluetooth.
Saat ini teknologi terbaru sudah memungkinakna mouse memakai laser sehingga resolusinya dapat encapai 2000 dpi. Versi terbaru bahkan bisa mencapai 4800 dpi. Biasanya mouse semacam ini diperuntukan untuk para pemain game.

MENGOPERASIKAN SEBUAH MOUSE MEKANIS
  • Bola akan berputar saat mouse di Tarik.
  • Roller x dan y memegang bola tersebut dan memindahkan gerakan.
  • Disk Disk pengkode optikal termasuk lubang-lubang cahaya.
  • LED infra merah memancar melalui disk-disk tersebut.
  • Sensor-sensor mengumpukan pulsa-pulsa cahaya untuk mengubah kecepatan X dan Y

MENGOPERASIKAN SEBUAH TETIKUS MEKANIS
  • Bola akan berputar saat tertikus di Tarik.
  •  Roller x dan y memegang bola tersebut dan memindahkan gerakan.
  •  Disk-disk pengkode optikal termasuk lubang-libang cahaya
  • LED infra merah memancar melalui disk-disk tersebut.
  •  Sensor-sensor mengumpulkan pulsa-pulsa cahaya untuk mengubah kecepatan X dan Y

JOYSTICK
Joystick adalah alat masukan (input device) computer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke empat arah (Kiri-Kanan dan Maju-Mundur).joystick sangat jamak digunakan bagi aplikasi permainan (Game) computer dan tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari bentuk joystick pesawat terbang, setir mobil dan gamepad.

SCANNER
Scanner merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil scanner itu pada umumnya akan di transformasikan ke dalam computer sebagai data digital. Terdapat beberapa jenis scanner bergantung pada kegunaan dan cara kerjanya, antara lain:
  1. Scanner gambar
  2. Scanner barcode
  3. Scanner sinar-x
  4. Scanner cek
  5. Scanner logam
  6. Scanner Optical Mark Reader

Di antara jenis-jenis scanner tersebut, scanner gambar adalah yang paling sering disebut sebagai scanner.
Seperti halnya pada scanner OMR, scanner gambar juga dapat digunakan sebagai scanner lembaran jawaban computer (LJK). Agar hal tersebut dapat tercapai, dibutuhkan perangkat lunak dengan teknologi Digital Mark Reader (DMR).
Bila di kelompokan berdasarkan cara mamsukan kertas, scanner gambar terdiri atas 2 jenis/yaitu:
1.      Flatbed
Pada scanner gambar Flatbed, kertas diletakan di atas kaca scanner, kemudian lampu dan sensor scanner akan bergerak menyusuri kertas tersebut untuk memperoleh gambarnya.
2.      Automatic Document Feender (ADF)
Pada scanner gambar Automatic Document Feeder (ADF), kertas di letakan pada baki/tray, lalu satu persatu kertas akan dimasukan oleh bagian mekanin scanner dengan adanya pad assy dan roller. Pada saat kertas bergerak di atas lampu scanner sensor scanner bekerja untuk memperoleh gambar yang mempresentasikan kertas tersebut. Keunggulan scanner Automatic Document Feeder (ADF) adalah:
·         Kecepatannya tinggi, dapat mencapai > 10.000 lembar per jam
·         Dapat membaca 2 sisi kertas sekaligus pada saat yang bersamaan
·         Dengan imprinter, scanner dapat memberikan tanda pada lembaran yang telah di pindai
·         Sangat tepat dipasangkan dengan perangkat lunak berteknologi Digital Mark Reader untuk pengarsipan dan manajemen dokumen

WEBCAM
Webcam (singkatan dari web camera) adalah sebutan bagi kamera realtime (bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui Word Wide Web, program instant messaging, atau aplikasi video call. Istilah “webcam” juga merujuk kepada jenis kamera yang digunakan untuk keperluan ini.
Ada berbagai macam merek webcam, diantaranya LogiTech, SunFlowwer, dan sebagainya. Webcam biasannya berresolusi sebesar 352x288/640x480 piksel. Namun ada yang kualitas 1 megapiksel
Sekarang hamper semua kamera digital dan hp bisa di jadikan sebagai kamera web (webcam).

B.Alat Output

PRINTER

Printer atau pencetak adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari tray. Tray ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau toner adalah alat pencetak sesungguh nya, karea ada sesuatu yang disebut tinta atau toner yang di gunakan untuk menulis pada kertas. Perbedaan toner dan tinta ialah perbedaan system; toner atau laser butuh pemanasan, sedagkan tinta atau inkjet tak butuh pemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print headnya.
Ada pula kabel fleksible untuk pengiriman signal dari prossesor printer ke tinta atau toner, kabel ini tipis dan fleksible, namun kuat. Pada bagian bekakang printer biasanya ada port parallel atau USB untuk penghubung ke computer.
Pencetak moden merupakan alat canggih, perkakasan elektronik yang terdapat dalam sebuah pencetak sama dengan perkakasan elektronik yang terdapat dalam computer itu sendiri.
Pencetak mempunyai 6 jenis yaitu jenis Dot-Matrix, Jenis Daisy Wheel, jenis Inkjet/ jenis bubble jet, jenis Chain , jenis drum dan jenis laser

PENGERAS SUARA

Pengeras suara atau juga di kenal dalam Bahasa inggris sebagai loud speaker atau speaker saja adalah komponen elektronik yang menerima signal masukan dan memberikan respond keluaran berupa frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponen nya yang berbentuk selaput 


PROSSES
Proses adalah urutan pelaksanaan atau kejadian yang terjadi secara alami atau didesaing, mungkin menggunakan waktu , ruang, kehalian atau sumber daya lainya, yang menghasilkan suatu hasil. suatu prosses mungkin dikenali oleh perubahan yang di ciptakan terhadap sifat-sifat dari satu atau lebih objek di bawah pengaruhnya. Dibandingkan dengan pengolahan.
Definisi lain dari proses adalah serangkaian kegiatan yang saling berkaitan atau berinteraksi, yang mengubah input menjadi output kegiatan ini memerlukan alokasi sumber daya seperti orang dan materi. Input dan output yang di maksudkan mungin tangible (seperti peralatan, bahan atau komponen) atau tidak berwujud (seperti energy atau informasi). Output juga dapat tidak di inginkan, seperti limbah atau polusi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Install Mikrotik & Setting

Perkembangan Windows 95, 98 dan ME

Cara Membuat Map Driver Network Di Windows